Kredit Macet Karyawan Freeport Di Bri Semakin Parah

  • 22 September 2022

Kepala BRI Cabang Timika Sukarno mengatakan nilai kredit macet karyawan PT Freeport Indonesia dan perusahaan privatisasinya terus bertambah setiap bulan. "Terhitung sejak Juni terdapat kurang lebih 28 kreditur yang menerima penghasilan terakhir, Juli tambah 58 yang menerima penghasilan terakhir, sementara Agustus ini saya belum dapat informasi," kata Suharto di Timika, Papua, Senin (28/8/2017).

Menurutnya pihaknya telah mengambil langkah untuk memblokir rekening para karyawan yang melakukan kredit di BRI Timika sehingga penghasilan yang masuk ke rekening para karyawan tersebut sebagai pesangon langsung dipotong untuk membayar tagihan kredit. Baca Juga: BRI Akui 80 Juta Nasabahnya Tak Lepas Dari Ancaman Penipuan. Apalagi, kata Sukarno, sebagian besar pesangon karyawan yang dibayarkan oleh perusahaan masing-masing belum juga dapat melunasi tagihan kredit karyawan Freeport dan perusahaan privatisasi tersebut. Kini, manajemen BRI mengharapkan agar para kreditur dapat membayar tagihan kredit tersebut. BRI juga tidak dapat melakukan penyitaan mengingat kredit yang diberikan berdasarkan jaminan gaji para karyawan tersebut. Jumlah total dana yang dikeluarkan pihak BRI untuk kredit karyawan sebesar Rp210 miliar.

Baca Juga: BRI Kucurkan Kredit ke Nelayan Melalui KKP.

Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya

Kredit Macet: Tips Menghindari dan Mengatasinya

Jika situasi ini terjadi, membayar bahkan melunasi utang akan terasa sangat berat kendati dengan cara mencicil. Karena utang makin membengkak akibat denda keterlambatan dan bunga yang terus berjalan, akhirnya gagal bayar atau kredit macet. Ya itu tadi, utang sudah kelewat besar, sehingga keuanganmu tidak cukup lagi untuk melakukan angsuran. Hal yang harus diingat ketika hendak mengajukan kredit kepada siapapun, termasuk bank, adalah pinjam sesuai kebutuhan dan kemampuan finansial.

Namun sebaiknya berutang untuk kegiatan produktif, seperti modal usaha, membeli peralatan bekerja, investasi properti, dan lainnya. Apalagi pinjam duit di bank maupun fintech lending, jika telat bakal kena denda keterlambatan. Secara umum, ada tiga jenis restrukturisasi yang dapat diberikan pada debitur dalam kondisi kredit macet, yakni:. Pinjaman atau kredit pasti memiliki jangka waktu pembayaran bagi debitur untuk melunasi utang beserta bunganya.

Namun yang mesti digarisbawahi, persyaratan kembali ini bisa dilakukan dengan syarat tidak mengubah maksimum plafon kredit.

Press ESC to close